SATA

Disaat kita bingung dalam melakukan sesuatu, maka akan timbul beragam reaksi. Salah satunya adalah bertanya. Setelah bertanya pun, muncul beberapa pertanyaan. Apakah kita akan mengikuti jawaban orang itu? Mungkinkah orang tersebut jujur? Akhirnya malah,” Keluar dari satu kepeningan, masuk ke rasa pening yang lain.”

Manusia akan terus berkembang. Itu pasti. Dalam perjalanan ini ada kalanya bukit berdiri di depan jalur kita, membuat kita terhenti. Nah, ketika kondisi ini terjadi kita akan berguru pada orang yang dianggap mumpuni untuk memecahkan soal bukit itu. Orang ini bisa penduduk lokal, yang tahu area sekitar situ, atau bisa juga mereka yang pernah melintas melewati bukit penghalang tersebut.

Namun ya itu, solusi yang diberikan serupa pelangi. Ada yang membuat optimis, ragu-ragu, dan membangkitkan pesimis. Lalu mana yang hendak kita ikuti? Tadi siang saya mengalaminya. Ada dua komputer yang mesti ganti kabel SATA. Lalu saya meluncur ke sebuah toko yang secara pribadi saya anggap kredible. Sampai disana, pegawainya bilang kalau tak ada stok di toko itu. Kaki ini pun berayun keluar. Diluar toko, saya bertemu teknisi toko itu- karena dialah saya menganggap toko tersebut jempolan-akan mengantar monitor pada pelanggan. Berbincang-bincang sejenak, ditarik sebuah kesimpulan : kabel seperti itu jarang ada di kota ini. Selesai, aku pulang. Tapi pikiranku tak pulang, masih ingin mencari barang buruan. Muter-muter, ketemu sebuah toko komputer.

“Ah, coba deh.” Begitu pikirku.

Begitu masuk ke toko, eh, ada tuh kabel. Jadilah saya membeli dua kabel serial ATA warna merah dan kuning. Coba kalau saya langsung pulang, menelan bulat-bulat perkataan teknisi itu. Mungkin kabel itu tidak saya genggam. Bolehlah kita meminta nasihat pada orang lain. Tapi tetap keputusan akhir di tangan kita, karena yang akan menjalani dan merasakan akibatnya tubuh ini, diri kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

