NSA

Amerika Serikat memiliki tiga instansi intelijen yang bekerja menyadap segala informasi yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya National Security Agency (NSA) – Agen Keamanan Nasional – yang dijuluki “big ear” (telinga besar).

Tugasnya adalah menyadap semua percakapan, informasi intelijen dan hubungan di antara seluruh negara dan lembaga di dunia. Jumlah karyawan yang bekerja pada instansi ini pada tahun 1975 mencapai 120.000 orang. Dan sokongan dana yang diterimanya mencapai 80 % dari total dana yang dikeluarkan AS untuk pos pembelanjaan intelijen. Jumlah nominalnya mencapai 27 miliar dolar untuk waktu satu tahun.

Pembentukan lembaga ini dikukuhkan pada tanggal 24 Oktober 1952 dengan komando dari Harry S. Truman, Presiden AS pada saat itu. Tidak ada seorangpun yang mengetahui pembentukan lembaga ini, tidak ada opini publik Amerika yang menyorotinya, bahkan kongrespun tidak mengetahuinya. Komando Presiden pada saat itu adalah mendirikan sebuah lembaga yang mampu menyadap semua pembicaraan internasional.

Pada awalnya lembaga ini bekerja menyadap secara rahasia berbagai pembicaraan yang dilakukan para duta besar dan korps diplomatik, demikian juga antara sejumlah petinggi di seluruh dunia. Selanjutnya penyadapan itu juga dilakukan terhadap seluruh laporan spionase dan hubungan komunikasi yang terjadi di dunia, terutama pada tokoh-tokoh berpengaruh. Lembaga sekuriti ini menggunakan metode penyadapan secara luas di seluruh penjuru dunia ( pangkalan dan bandara militer, kapal perang, kapal selam, pesawat tempur, dan satelit buatan ).

Tidak lama sesudah terbentuknya NSA pada tahun 1952, ditetapkan keputusan yang mendefinisikan bidang kerja dan pembatasan aktivitas masing-masing lembaga keamanan, yakni NSA dan CIA, agar tidak terjadi tumpang-tindih antara keduanya. Satu tahun kemudian ditetapkan hal yang sama terhadap CIA dan FBI, yang memperkenankan CIA untuk menggunakan peranti elektronik dalam menyadap kaset, agar tidak terjadi tabrakan dengan aktivitas FBI.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: