Maukah anda tertawa hari ini ?

K

ita tak harus punya alasan untuk tertawa, benar? “Aku senang karena tertawa, bukan tertawa karena senang”. Mestikah kita harus punya alasan untuk gembira? Mungkin akan dianggap aneh bila ada diantara kita yang tertawa sendiri tanpa sebab.

“Ih, dia gila ya?!” begitu pasti komentarnya. Mereka berpikir seperti itu mungkin karena

teringat dengan orang gila yang suka tertawa sendiri, tiba-tiba marah, dan sebagainya. Tapi sadarkah kita, bahwa tertawa itu tak perlu alasan. Tengoklah beberapa tahun ke belakang, saat kita masih kecil. Bukankah sangat sering kita tertawa, padahal seusia itu belum ada nalar tentang humor. Saya sendiri sangat, sangat dan sangat suka melihat anak-anak yang tertawa riang gembira. Entah mengapa melihat mereka seperti itu membuat saya ikut tertawa dan ujungnya adalah saya merasa gembira dan segar. contoh lain, anda tentu pernah mengalami, dimana ada seseorang di dekat anda yang tertawa dengan mulut terbuka lebar, lalu tanpa disadari anda juga turut tertawa kecil. Padahal anda mungkin tidak tahu kenapa orang itu tertawa.

Ada beberapa hal dalam hidup ini yang bisa dengan sangat cepat dan mudah menular dari satu orang kepada orang lain, yaitu menguap dan…tertawa. Silahkan anda buktikan hal ini. Tidak ada salahnya kita membiasakan diri untuk tertawa setiap hari, dengan ataupun tanpa sebab. Aktivitas ini menyenangkan. Selain itu, tak ada sekepingpun uang yang mesti anda bayar untuk melakukannya.

“Aneh, ah. Masa nggak ada apa-apa koq ketawa?”

Pertanyaan ini pernah menghinggapi saya . Benarkah kita harus mempunyai pemicu untuk tertawa? Saya rasa tak perlu. Kita bisa melakukannya kapanpun, dimanapun, dalam situasi apapun. Coba saja. Sangat menggembirakan ketika ini terjadi, dan bisa sebagai terapi stres. Cukup sepuluh detik . Awalnya tirukan saja suara orang tertawa. Hahahaahahaha, hahahahahaha. Lakukan berulang-ulang. Lalu rasakanlah keajaiban yang sering kita abaikan. Sebuah perasaan yang segar, nyaman, dan PLONG hadir dalam diri anda seiring dengan munculnya tawa tulus yang membahana ke udara bebas. Mudah bukan, merasakan surga dunia dengan gratis?

Rasa gembira dengan tertawa begitu menyehatkan. Memang tidak dengan serta merta kita membuat tawa lalu sakit gigi yang diderita sembuh. Tapi yang jelas banyak ahli telah menelitinya dan menyimpulkan bahwa aktivitas ini: positif. Robert Provine, seorang neurosaintis, dalam bukunya Laughter: A Scientific Investigation mengatakan,” ketawa mengandung manfaat-manfaat aerobik. Antara lain, mengaktifkan sistem jantung dan urat darah, meningkatkan kecepatan jantung, serta memompa darah ke dalam organ-organ tubuh bagian dalam.” Peneliti ketawa bernama William Fry menemukan bahwa “membutuhkan 10 menit mengayuh pada mesin olahraga rumah untuk mencapai kecepatan jantung yang dihasilkan oleh satu menit ketawa yang tulus.”

Jadi, maukah anda tertawa hari ini ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: