Masih bisakah kita berkumpul?

Saat ini aku hidup bersama keluargaku yang utuh. Masih ada Bapak, ibu, kakak dan adik. Suatu kesederhanaan yang membahagiakan ketika kami semua berkumpul, meski hanya dengan secangkir teh dan kopi di tangan. Kebiasaan itu terus berjalan sampai saat ini, saat aku beranjak dewasa. Namun frekuensinya sudah berbeda, seiring kesibukan kami. Karena itu, aku dan saudara-saudaraku sepakat bahwa dalam satu minggu minimal kami duduk bersama satu kali. Dan waktunya fleksibel, bisa hari senin, selasa atau yang lainnya. Sering kuperhatikan, betapa gembiranya wajah orangtua yang tak kenal lelah mengasuh kami, ketika kami bersama-sama. Mereka lebih banyak terdiam, mendengarkan cerita anak-anaknya yang selalu mereka cintai, dengan tatapan penuh kasih sayang. Seumur hidup takkan kulupa momen ini. Momen saat kami diliputi kedamaian, melihat Bapak dan ibu tertawa lepas. Momen dimana hati mereka penuh suka cita mendengar lelucon putra-putrinya.

Tapi, sekelumit pertanyaan membuatku gundah sampai sekarang. Akan adakah kebahagiaan itu dimasa depan? dengan adikku yang kaku namun baik, bersama kakak yang humoris dan tentu saja…orang tua penuh cinta kasih, mengingat mereka dalam usia senja sedangkan kami berada pada masa keemasan umur.

Maut pasti akan menghampiri anggota keluarga ini. Itu aku tahu. Namun yang belum kuketahui adalah, apakah setelah kematian datang memisahkan, kami akan berkumpul kembali, di alam akhirat sana?

Akhirat adalah alam yang kekal, dimana hanya ada dua pilihan tempat. Neraka atau Surga. Bagaimana seandainya aku di neraka, sedangkan keluargaku yang lain di surga? Itu berarti selamanya kami takkan berkumpul lagi. Bagaimana ini, bisakah aku mengalami momen itu lagi? Pertanyaan ini terus menggelayut dalam benakku, menanti sebuah jawaban.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: